Menyusui Dapat Membantu Bunda Kembali Langsing

Seperti apa yang telah Bunda ketahui selama ini bahwa menyusui memiliki banyak sekali manfaatnya, baik untuk Bunda sendiri maupun bagi bayi.

Setelah melahirkan, mungkin banyak sebagian para Bunda yang merasa kurang percaya diri akibat bentuk tubuhnya yang mengalami banyak perubahan. Sungguh beruntung bagi para Bunda yang menyusui, karena ternyata aktivitas menyusui tersebut dapat membantu Bunda untuk lebih cepat kembali langsing.


ASI Membantu Mengembalikan Bentuk Tubuh Bunda

Menyusui akan membantu uterus Bunda berkontraksi hingga kembali ke ukuran normal serta mempercepat pengeluaran darah. Dengan begitu, masa nifas Bunda menjadi lebih singkat.

Menurut para ahli, salah satu keuntungan/manfaat yang didapatkan oleh Bunda yang sedang menyusui adalah dapat mengembalikan bentuk tubuh Bunda hingga kembali seperti semula secara alamiah. Hal ini disebabkan ketika proses produksi ASI berlangsung, Bunda akan mengeluarkan banyak energi.

Bunda yang melakukan program diet pada saat menyusui yang hanya diimbangi dengan makan dua kali sehari sebenarnya dapat menimbulkan berbagai persoalan baru. Bunda yang kehilangan berat badannya secara drastis atau akibat melakukan diet yang ketat sangat berpengaruh terhadap produksi air susunya. Untuk membantu meningkatkan metabolisme, sebaiknya Bunda mengonsumsi makanan ringan berukuran sedang sebanyak tiga kali sehari. Hal tersebut selain dapat menurunkan berat badan menjadi lebih mudah, juga dapat mencegah timbulnya rasa perih di perut karena rasa lapar.

Hal terbaik lainnya bagi Bunda yang baru melahirkan adalah dengan mengikuti berat badan yang bertambah selama masa hamil dan secara bertahap menurunkan setelah bersalin. Bunda yang baru melahirkan akan kehilangan secara langsung hingga sekitar enam kilogram dari berat tubuhnya.

Dengan begitu, rahim Bunda akan kembali ke ukuran semula dan berat badannya akan berkurang lagi hingga sekitar 2-3 kilogram. Beri kesempatan tubuh Bunda sekitar enam bulan untuk mengembalikan ke bentuk semula. Baru kemudian usahakan untuk menurunkan berat badan secara bertahap sekitar setengah kilogram setiap minggunya.

0 Response to "Menyusui Dapat Membantu Bunda Kembali Langsing"

Post a Comment