Permainan Cerdas Untuk Anak Balita Usia 3 Tahun

Permainan Cerdas Untuk Anak  Balita Usia 3 Tahun
Moms,  tahukah Anda kalau  kegiatan  sederhana  yang Anda lakukan di rumah  bisa  menjadi  modal penting  mempersiapkan  anak-anak memasuki lingkungan  baru di sekolahnya.  Bila Anda berencana  untuk memasukan anak-anak  masuk sekolah  seperti Pendidikan Anak Usia Dini  bisa melatih mereka  untuk bersosialiasi  dahulu di rumah dengan cara  yang mudah, menyenangkan dan tidak  membuat  mereka  terpaksa. Malah, mereka tidak akan menyadari  kalau Anda sedang  mengajari  keterampilan dengan hal-hal  sederhana  sebagai  dasar  yang penting  bagi mereka untuk sekolah dan  berinteraksi dengan teman-temannya.  Misalnya saja  dengan cara-cara  berikut  ini.
Bermain Puzzle
Mengajak anak-anak  bermain puzzle  sangat  berguna bagi mereka  untuk melatinya menyelesaikan susunan  gambar  serta mengajarinya  untuk  memecahkan masalah. Untuk memainkannya, Anda bisa  memulai dengan memberi  mereka  puzzle  dengan  pola  yang masih sederhana. Tunjukan pertama  kali  bagaimana cara  untuk melakukannya. Kemudian,  bongkar puzzle dan   suruhlah anak Anda  untuk menyusun  kembali  potongan  puzzle  menjadi  gambar yang sempurna.

Makan Siang Bersama.
Sekilas   seperti  sederhana  dan  bukan  hal  serius.  Tapi dengan cara  ini Anda bisa  mengajari  si  kecil untuk  belajar bersabar  dan  berbagi dengan teman-temanya.  Berikut ini adalah cara  yang  bisa dilakukan.
  1.  Anda bisa  mengajak  teman-teman sepermainan si kecil  untuk  makan  bersama di rumah Anda, misalnya  pada waktu  jam  makan siang. Tidak  perlu banyak-banyak,antara  2 sampai 3  orang saja sudah  cukup. Katakan pada  mereka,  untuk  nasi dan lauk pauk  tidak  usah  bawa dari rumah karena  sudah Anda siapkan.
  2. Kondisikan  mereka  untuk  duduk dengan  manis  di meja  makan. Singkirkan aneka  mainan  dan  barang-barang lainnya agar anak-anak fokus dengan  makan siangnya.
  3. Ajari mereka  untuk makan sendiri.  Simpan piring  kosong  di depan mereka  masing-masing.
  4. Isi setiap  piring  anak-anak dengan  nasi  sesuai porsi mereka.  Tawarkan pada mereka  untuk memilih  sayur atau  lauk pauknya. Bila  untuk  pemberian  nasi  Anda mendahulukan  untuk mengisi  piring anak Anda,  maka  saat memberikan  lauk pauk  Anda  bisa  mendahulukan  untuk memberi  pada temannya dulu.
  5. Setelah selesai  makan,  mintalah  si kecil untuk menawari teman-temannya minum atau  mungkin mengambilkan untuk mereka.
  6. Bergabunglah dengan mereka,  perhatikan dan  beri tahu mereka dengan  bahasa  yang  mudah dimengerti  bila cara  makan  mereka  masih salah misalnya lupa tidak mencuci tangan,  cara menggunakan sendok,  tidak  makan sambil berbunyi atau kebisaan  lain  yang tidak baik.
Menyusun Balok
Untuk permainan anak-anak batita,  salah satu jenis  mainan  yang  mengedukasi antara  lain adalah  permainan  menyusun balok. Ajak si kecil  untuk berlatih dan  belajar  menyusun balok  untuk membuat  mereka lebih mudah  berkonsentrasi, kordinasi  motorik dan  penglihatan  baik, mengenal  huruf, warna, angka  atau  gambar  benda tertentu  yang terlihat pada  balok. Adapun cara  memainkannya adalah sebagai berikut:
  1.  Siapkan permainan  balok
  2. Suruhlah  putera/i  Anda untuk membuat  susunan  balok  dengan arah yang disukainya. Biarkan ia  menggunakan  imajinasinya  untuk  membuat susunan  balok.
  3. Setelah selesai  menyusun balok, Anda  bisa  bertanya  pada  mereka   berapa  balok  yang digunakannya. Ajak mereka  berhitung  jumlah balok  yang sudah disusunnya.
  4. Biarkan anak berkreasi menggunakan benda lain, seperti buku atau bantal.
Diadaptasikan dari dari artikel di ayahbunda.co.id
http://permainanbayilucu.blogspot.com/2014/10/permainan-cerdas-untuk-anak-balita-usia.html