Tips Memulihkan Luka Jahit Persalinan Dengan Cepat

Bunda yang menjalani proses persalinan, baik itu proses alami maupun bedah caesar, maka akan membutuhkan jahitan. Namun, ada alternatif lain, yakni bila Bunda memilih teknik/proses persalinan di dalam air, maka belum tentu Bunda akan dijahit.

Berapa lamakah jahitannya akan pulih?

Setiap Bunda, pasti memiliki kondisi masing-masing yang berbeda. Tapi umumnya, jahitan setelah proses persalinan biasanya akan sembuh dalam rentang waktu sekitar 2-4 minggu.

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan di sekitar area luka jahitan, supaya Ibu dapat memulihkan luka bekas jahitannya tanpa mengalami gangguan infeksi

Tips memulihkan pasca persalinan
  • Istirahat lebih lama atau meminimalkan kegiatan/aktifitas fisik.
  • Rutin lakukan olahraga ringan. Latihan fisik ringan akan meningkatkan aliran darah ke bagian panggul sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.
  • Pastikan agar organ intim/daerah kewanitaan selalu kering dan bersih.
  • Pastikan pembalut atau pakaian yang dikenakan tidak bergesakan dengan luka jahitan.  Selain itu, ganti pembalut secara teratur.
  • Kompres luka jahitan selama beberapa menit menggunakan air es, untuk membantu mengurangi pembengkakan pada luka jahitan.
  • Mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi juga serat dan banyak minum air putih secara teratur dapat mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit.
Jika jahitan dirasa terlalu kencang dan khawatir akan menimbulkan infeksi, segera konsultasikan ke dokter ahli secepatnya.

0 Response to "Tips Memulihkan Luka Jahit Persalinan Dengan Cepat"

Post a Comment