Tips Cerdas Kembali Langsing Pasca Melahirkan

Normal apabila bentuk tubuh Bunda berubah pasca melahirkan. Jika Bunda ingin kembali tampil langsing, pastikan bunda mengembalikan bentuk tubuh semula dengan cara-cara yang cerdas dan sehat. Berikut adalah tips untuk Bunda kembali tampil langsing setelah melahirkan.

Meningkatkan Aktivitas Fisik

Cara terbaik untuk mengembalikan bentuk tubuh ideal adalah dengan berolahraga. Akan tetapi, jangan melakukan aktifitas apa pun sejak 6 minggu pertama pasca melahirkan normal atau 12 minggu bagi Bunda yang telah melahirkan secara operasi  caesar. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli apakah Bunda sudah siap secara fisik untuk memulai melakukan aktifitas tersebut.

Perlu diingat juga bahwa tubuh Bunda memproduksi hormon khusus saat hamil yang meregangkan ligamen dan sendi untuk memungkinkan janin tumbuh dengan optimal dan juga untuk memperbesar panggul agar Bunda siap saat proses melahirkan. Hormon tersebut mungkin masih tersimpan dan masih ada di dalam tubuh Bunda, sehingga Bunda akan lebih rentan mengalami cedera bila terlalu cepat melakukan aktifitas/latihan.
  • Mulailah dengan gerakan-gerakan yang ringan seperti jalan kaki secara perlahan sambil mendorong kereta buah hati. Tingkatkan kecepatan langkah setelah melakukan beberapa kali sesi. 
  • Dengan melakukan latihan penguatan dasar panggul Bunda yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. 
  • Cobalah dengan melakukan latihan/gerakan aerobik bertahap, seperti berenang, jalan cepat, menari di rumah, atau ikut klub senam, dengan catatan setelah mendapatkan rekomendasi dari dokter.
  • Ajak bayi ketika Bunda melakukan latihan/senam ringan. Di antara rutinitas Bunda, tetap lakukan latihan rutin tersebut mulai selama10 menit lalu meningkat hingga 30 menit (tiga kali dalam seminggu).
Pola Makan Sehat

Pastikan Bunda mendapatkan nutrisi/asupan gizi yang tepat. Bagaimanapun juga, selama Bunda mendapat nutrisi/asupan yang tepat dan tidak berdiet, Bunda dapat menurunkan kadar lemak di dalam tubuh. Hal yang mungkin dapat membantu menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi serat. Buah-buahan segar sangat tepat sebagai camilan sehari-hari untuk pengganti biskuit. Perlu diperhatikan agar berhati-hati dengan kadar gula yang terkandung di dalam kemasan minuman manis.

Menurunkan Berat Badan Dan Berolahraga Saat Menyusui

Dan yang juga perlu diketahui adalah bila Bunda menyusui bayi secara ekslusif, berat badan Bunda dapat turun dengan mudah. Bunda tidak hanya dapat menghilangkan lemak yang tertinggal saat masa kehamilan, akan tetapi saat Bunda menyusui, tubuh Bunda akan menghasilkan hormon oksitosin yang dapat membantu Bunda untuk kembali tampil fit seperti semula.

Melakukan diet pada masa-masa menyusui bukanlah momen yang tepat. Bunda hanya akan merasa kelelahan bila tidak mengonsumsi makanan dengan baik. Racun yang tersimpan dalam lemak tubuh Bunda akan dilepaskan ke aliran darah hingga ikut mempengaruhi kualitas ASI.

Bayi juga mungkin tidak mendapatkan semua nutrisi baik yang mereka butuhkan dari ASI Bunda. Ingat, bagi para Bunda jangan terlalu untuk memaksakan diri, atau ASI Bunda akan memiliki timbunan asam laktat dan itu tidak akan disukai bayi. Lakukan olahraga ringan setelah menyusui agar payudara Bunda tidak terlalu berat. Gunakan bra yang tepat yang dapat menopang payudara Bunda dengan baik dan untuk mempertahankan bentuk tubuh.

0 Response to "Tips Cerdas Kembali Langsing Pasca Melahirkan"

Post a Comment