Tips Hemat Berbelanja Pakaian Bayi

Tips Hemat Berbelanja Pakaian Bayi
Bagi para  calon ayah dan  ibu terutama  yang akan memiliki anak pertama,  saat berbelanja  kebutuhan  untuk calon anak bisa menjadi sesuatu  hal  yang menyenangkan. Banyak perlengkapan  kebutuhan  bayi yang terlihat lucu, menarik dan  membuat  kita  ingin memborongnya. Apalagi kebanyakan wanita  cenderung lapar mata  untuk  berbelanja, segala  yang ada  rasanya  ingin dibeli.

Kalau Anda  punya  anggaran  yang cukup atau berlebih sih tidak masalah. Tapi bagaimana dong kalau  ternyata  pos belanja Anda untuk kebutuhan  bayi ternyata pas-pasan? Berhemat dengan  membuat skala prioritas  belanja adalah jawabannya.  Nah,  bagaimana caranya?

Buat Daftar Belanjaan

Agar  tidak bingung atau mlah kalap saat berbelanja  nanti,  buatlah daftar  kebutuhan  bayi yang akan dibeli. Buat secara rinci misalnya  pakaian bayi, selimut,  box bayi,  peralatan dan kelengkapan untuk mandi dan  kebutuhan Sejak bayi belum lahir, buatlah daftar perlengkapan bayi dan kebutuhan lainnya. Tandai  kebutuhan  bayi  yang benar-benar dibutuhkan. Untuk jangkan pendek  kebutuhan  bayi seperti   mainan, baby walker  dan peralatan makann bisa ditunda dulu.

Hitung Frekeunsi Pemakaian

Soal  baju dan popk tentu saja  bayi Anda  akan  boros.  Karenanya   siapkan  pakaian bayi dalam  jumlah yang cukup agar Anda tidak  kerepotan  karena  setok baju  kotor semua atau belum kering. Misalnya dalam sekali, Anda  mengganti pakaian si kecil sebanyak 3 kali. Bila dalam seminggu anda  mencuci dua kali  atau  selang 3 hari sekali,  maka  jumlah pakaian yang kering dan  bersih yang harus ada adalah sebanyak 9 pasang.  Bedakan  juga dengan pemakaian  popok kain,  karena biasanya akan lebih boros. Misalnya dalam sehari  menghabiskan  5 pcs,  maka dalam 3 hari ke depan kita  harus  punya  15 potong popok  yang siap pakai. Tentu saja Anda  harus  punya cadangan pakaian,  jangan terlalu pas-pasan  untuk mengantisipasi  hal-hal  yang tertentu misalnya  hujan  yang terus menerus dan membuat pakaian jadi susah kering. Bila ternyata Anda memerlukan  susu formula  untuk  tambahan  selain ASI,  hitung juga frekuensi   pemberian susu formula  yang akan diberikan dan berapa kali  Anda akan menggunakan botol susu. Anda bisa menyimpan botol susu bayi  sebanyak 2 atau 3 misalnya  untuk cadangan.

Ukuran Pakaian

Biasanya  bayi  itu cepat  sekali tumbuhnya.  Pakaian yang dikenakannya  akan cepat  mengecil. Agar tidak  lekas membeli belanja baju  bayi lagi,  siasatilah dengan membeli pakaian dengan  ukuran  1 nomor yang lebih besar. Misalnya  membeli pakaian  bayi  ukuran  3 bulan untuk anak Anda  yang berusia 1 bulan. 

Perhatikan juga  hal lain seperti  selimut bayi,  perlengkapan dan peratalan mandi berupa  sabun shampoo,  minyak telon dan sejenisnya, bedak dan kebutuhan rutin harian  lainnya.
[sumber] http://permainanbayilucu.blogspot.com