Apa Sih Sindrom Baby Blues ?

Sindrom Baby blues adalah suatu bentuk depresi yang sangat sering terjadi pasca persalinan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pasca persalinan, Bunda sebaiknya mengenal lebih jauh apa yang dimaksud dengan Sindrom Baby Blues

Depresi Pasca Melahirkan atau Baby Blues ?

Mungkin sebagian Bunda banyak yang masih merasa bingung dalam membedakan depresi pasca melahirkan dengan sindrom baby blues, karena gejala pada keduanya memiliki kemiripan.

Perbedaannya ialah sindrom baby blues akan berlangsung lebih singkat dibandingkan dengan depresi pasca melahirkan. Selain itu, sindrom baby blues juga akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 5-10 hari ke depan. Sebaliknya, Bunda harus segera menghubungi dokter ahli apabila rasa depresi yang dialaminya berlangsung selama dua minggu atau lebih, karena kemungkinan besar Bunda mengalami depresi pasca melahirkan.

Berapa Lama Masa Berlangsungnya?

Sindrom baby blues semestinya tidak berlangsung lebih dari beberapa hari. Yang Bunda butuhkan hanyalah lebih banyak beristirahat dan mendapatkan dukungan dari pihak keluarga maupun teman-teman dan sahabatnya. Namun, apabila sindrom baby blues masih terus berlanjut setelah menginjak hari ke-11, segera konsultasikan hal tersebut pada dokter.

Seberapa Besar Keluarga dan Sahabat Dapat Membantu?

Bunda membutuhkan seorang teman untuk tempat berbagi tentang keluh kesahnya, untuk menceritakan segala ketakutan-ketakutannya, kebingungannya, harapannya dan berbagai hal lainnya yang ada di dalam pikirannya. Dengan berbagi itulah, Bunda sebaiknya melibatkan orang lain yang terdekat, khususnya suami, baik dalam hal menyusui buah hatinya maupun masalah-masalah lain yang sifatnya umum.

Bunda akan banyak membutuhkan kesabaran dalam menghadapinya serta dorongan semangat dari suami, keluarga dan teman-teman. Terima uluran tangan mereka dengan penuh suka cita, meski dalam bentuk apapun bantuan yang telah mereka berikan. Sangat penting sekali untuk di pahami bahwa banyak dari para Bunda yang mengalami hal yang sama. Hal ini sangatlah wajar dan dengan sedikit motivasi serta dukungan akan membuat Bunda kembali normal dalam beberapa hari.

0 Response to "Apa Sih Sindrom Baby Blues ?"

Post a Comment