Tips Mengasuh Anak Yang Hiperaktif Agar Tumbuh Sehat, Cerdas dan Pintar

Memiliki anak merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi para orangtua yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Namun, apa jadinya jika anak yang Anda miliki ternyata menunjukkan tanda-tanda yang tidak bisa diam atau hiperaktif? Mungkin saja ada sebagian orangtua yang sulit menerima kenyataan itu. Tapi, bagaimana pun mereka adalah anugerah terindah yang dititipkan oleh Tuhan untuk dirawat, diasuh, dan dididik sebagaimana anak normal pada umumnya.

Anak dengan tanda-tanda yang tidak bisa diam atau hiperaktif bisa jadi menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Jika tidak ditangani secara tepat, kelainan tersebut bisa mengakibatkan efek yang kurang baik terhadap pertumbuhan anak. Oleh karena itu, alangkah bijaknya jika orangtua memastikan apakah buah hatinya yang sejak masih balita memiliki tanda-tanda tidak bisa diam atau hiperaktif, karena mungkin saja mereka menderita ADHD atau hiperaktif biasa.

Nah, apabila ternyata benar terjadi jika anak Anda menderita ADHD, maka pola asuh yang seperti apakah yang tepat untuk menangani mereka? Mungkin informasi yang berikut ini akan sangat bermanfaat bagi Anda dalam mengasuh anak yang menderita ADHD dengan cara yang tepat sehingga anak Anda pun akan tumbuh normal, cerdas dan pintar sebagaimana umumnya anak normal lainnya.

Langkah awal yang sebaiknya orangtua lakukan jika buah hatinya menderita ADHD adalah dengan memberitahu mereka tentang kondisinya yang sebenarnya. Jika Anda merasa mereka terlalu kecil untuk memahami kondisinya yang sebenarnya, maka Anda bisa menggunakan bahasa yang sederhana yang bisa dengan mudah mereka pahami. Selain itu, yang juga tidak kalah pentingnya adalah memberi pengertian kepada mereka bahwa kondisi yang mereka alami tersebut bukan semata-mata karena kesalahan mereka sendiri.

Ketika memberikan pola asuh terhadap anak yang menderita ADHD, orangtua tidak diperkenankan untuk melihat kondisi tersebut sebagai sebuah masalah karakter, karena ADHD sesungguhnya bukanlah penyakit yang bisa membuat anak memiliki sifat yang tidak terkontrol. Selain itu, dalam mengasuh anak yang menderita ADHD, jangan jadikan alasan kondisi yang mereka alami akhirnya menyebabkan anak terus berbuat atau bertingkah nakal sesuka hatinya. Dalam hal ini orangtua juga harus tegas tapi bijak. Misalnya ketika anak mulai sering menimbulkan masalah di dalam rumah, maka orangtua harus tegas tapi bijak dalam menyelesaikan masalah yang telah disebabkan oleh buah hatinya.

Mengatasi hal tersebut, Anda sebagai orangtua bisa membuat sebuah aturan yang wajib dipatuhi oleh anggota keluarga yang lain. Pastikan jika ada anggota keluarga yang melanggar, terutama anak dengan ADHD, mereka akan menerima hukuman atau sanksi yang sewajarnya. Begitu juga sebaliknya, jika mereka mematuhi aturan yang telah Anda buat, alangkah baik dan bijaknya jika Anda juga memberikan sebuah hadiah kepada mereka.

Sebaiknya jangan terlalu overprotektif dalam mengasuh anak penderita ADHD. Karena hal ini seringkali dilakukan oleh orangtua yang tidak ingin buah hatinya manjadi sumber masalah. Meskipun apa yang dilakukan oleh orangtua cukup beralasan, namun sesungguhnya hak tersebut kurang tepat. Biarkan anak Anda berbuat sesuka hati mereka karena di balik tingkah lakunya tersebut mereka bisa berekspresi, dengan catatan sambil tetap di awasi.

Dalam mengasuh anak ADHD, orangtua juga harus bisa mengetahui potensi tersembunyi atau talenta si anak. Karena biasanya anak yang menderita ADHD seringkali dianggap sebagai anak nakal tanpa melihat potensi atau talenta si anak. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan anak menjadi down. Biasanya, dibalik “kenakalannya” tersimpan bakat terpendam. Orangtua harus memahami betul akan hal ini. Berikan pola asuh yang tepat sehingga Anda bisa menemukan bakat terpendam yang ada di dalam diri mereka.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam memberikan pola asuh yang tepat kepada anak penderita hiperaktif. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa membantu Anda sehingga anak Anda pun bisa tumbuh dengan normal, sehat, cerdas dan pintar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Mengasuh Anak Yang Hiperaktif Agar Tumbuh Sehat, Cerdas dan Pintar"

Post a Comment