Tips Mendidik Anak Agar Cerdas dan Pintar Sejak Kecil

Setiap orang tua pasti menginginkan agar anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas. Oleh karena itu, pendidikan sejak anak masih usia dini sangat diperlukan. Sejak anak berusia enam bulan, ia sudah mulai mengenal dan mempelajari apa yang ia dengar dari setiap kata yang diucapkan oleh orang-orang di sekitarnya. Hal ini tentunya akan sangat baik jika di kehidupan Anda sehari-hari di rumah menggunakan dua bahasa, karena juga akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak Anda. Tentu saja apa yang diucapkan oleh orang-orang di sekitarnya adalah bukan suatu ucapan tentang keburukan atau ucapan-ucapan yang kurang bermanfaat.

Sebagaimana umumnya kehidupan keluarga di dalam satu rumah yang tinggal di suatu daerah tertentu di Indonesia, pastinya keluarga tersebut akan terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa lokal daerah tersebut. Ini artinya secara tidak langsung dan tanpa disadari mereka sudah mengawali mendidik putra-putrinya dengan cara yang tepat. Meskipun bahasa yang mereka gunakan untuk berkomunikasi bukanlah bahasa Inggris atau bahasa lainnya, namun hal tersebut sudah sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang otak anak.

Ketika anak mendengarkan dua bahasa yang di ucapkan oleh orang lain, maka kemampuan cognitive learning mereka sudah mulai mengalami perkembangan. Karena hal itu akan membuat mereka mulai mencoba mengerti maksud dari masing-masing bahasa yang di dengarnya.

Namun, seiring usia anak yang sudah mulai bertambah, hal tersebut justru sangat sulit untuk di terapkan, karena terasa sangat melelahkan dan rumit saat mengaplikasikannya. Tentu saja kondisinya akan sangat berbeda jika penerapannya dilakukan saat usia emas anak Anda. Karena pada tahap ini merupakan waktu yang sangat tepat buat buah hati Anda untuk mempelajari dari apa yang mereka dengar dan mereka lihat dari lingkungan sekitar.

Tapi yang perlu menjadi perhatian adalah meskipun “hanya” dengan mengenalkan dua bahasa saja sudah cukup membantu untuk tumbuh kembang anak, tapi sebagai orang tua tidak harus serta merta melakukan yang berlebihan pada anak, misalkan Anda harus bisa bahasa ini itu lalu berharap agar si anak melakukan hal yang sama. Hal tersebut malah berdampak buruk terhadap perkembangan anak. Akan lebih bijak rasanya jika mengajarkan sesuatu hal pada anak yang sesuai dengan kondisi. Dan yang lebih penting lagi adalah jangan sampai apa yang Anda lakukan itu membebani Anda sendiri sehingga akibatnya anak juga akan merasa tertekan dan terbebani.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam mendidik anak agar menjadi cerdas dan pintar sejak usia dini. Berikan selalu yang terbaik untuk putra putri Anda sehingga kelak mereka akan menjadi kebanggaan orangtua. Semoga bermanfaat.



0 Response to "Tips Mendidik Anak Agar Cerdas dan Pintar Sejak Kecil"

Post a Comment