Bolehkah Anak Diiminusisasi Saat Sedang Batuk Pilek?



Ketika tiba waktunya anak diimunisasi, orang tua pasti tidak akan merasa khawatir ketika kondisi anak sedang dalam keadaan sehat. Namun terkadang akan timbul keraguan bagi orangtua jika anaknya sedang sakit batuk pilek, apakah boleh atau amankah mengimunisasi anak jika dalam keadaan seperti itu?

Menanggapi hal tersebut, dr. Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr. Sutomo, Surabaya, menyampaikan bahwa sakit ringan seperti batuk pilek biasa yang dialami oleh anak bukanlah kontra indikasi pada anak untuk imunisasi. Namun jika anak menderita demam tinggi dimana suhu tubuhnya mencapai di atas 38 derajat celcius, maka imunisasi harus ditunda.

“Imunisasi pada prinsipnya adalah memasukkan kuman yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh anak untuk membentuk kekebalannya. Jika kuman tersebut dimasukkan ketika kondisi anak sedang lemah, maka anak justru akan tambah sakit,” tambah dr. Meta.

dr. Meta juga tidak menampik jika imunisasi sebaiknya ditunda bagi anak yang sedang sakit berat, seperti demam tinggi. Anak yang sedang mengonsumsi obat Prednison sebaiknya ditunda juga. Selain itu, untuk imunisasi tertentu, seperti cacar air, sebaiknya imunisasi juga ditunda bagi anak yang baru mendapatkan transfusi darah. Hal ini ditujukan agar imunisasi pada anak menjadi lebih efektif.

dr. Meta juga mengingatkan kepada para orang tua supaya tidak lupa menyampaikan informasi kepada dokter yang mengimunisasi anak tentang adanya riwayat alergi. Sebab, ada beberapa vaksin, seperti demam kuning dan influenza yang pemberiannya kontra indikasi terhadap anak yang memiliki riwayat alergi berat (anafilaktik) terhadap telur.

dr. Meta juga menambahkan bahwa jika ada imunisasi yang telat catch up bisa bisa dilakukan kapan saja. Namun yang perlu diingat bahwa imunisasi yang terlambat akan meningkatkan risiko kejadian penyakit itu sendiri. Jika imunisasi tidak bisa dilakukan tepat waktu, sebaiknya sesegera mungkin melakukan catch up.

0 Response to "Bolehkah Anak Diiminusisasi Saat Sedang Batuk Pilek?"

Post a Comment