Ini Manfaat Mendongeng Secara Rutin Bagi Buah Hati Anda

Mendongeng merupakan salah satu kegiatan yang cukup digemari oleh anak-anak. Selain bisa lebih mengakrabkan hubungan antara orangtua dan anak, mendongeng juga bisa menjadi sarana dalam mendidik anak. Nah, dengan pekerjaan dan kesibukan sehari-hari, apakah Anda sebagai orangtua sudah bisa meluangkan sejenak waktu Anda untuk sekedar mendongeng pada anak-anak Anda? 

Jangan sampai momen seperti ini Anda lewatkan karena banyak sekali manfaat posistifnya bagi pertumbuhan anak. Berikut ini beberapa manfaat positif jika orangtua sering mendongeng pada buah hatinya:

Menanamkan Nilai-nilai yang Positif Pada Anak
Setiap anak yang ada di seluruh dunia ini pasti suka sekali jika mendengarkan sebuah cerita. Rasa penasaran dan sifatnya yang selalu ingin tahu tentang kisah yang diceritakan biasanya membuat mereka sangat antusias untuk bisa meniru tokoh dan karakter yang diceritakan tersebut. Jika Anda menceritakan sebuah kisah yang bercerita tentang hal-hal yang positif dan kebaikan, maka Anda secara tidak langsung sedang menanamkan pendidikan yang bersifat positif dan bernilai kebaikan kepada buah hati Anda.

Meningkatkan Kemampuan Verbal Anak
Mendongeng bisa membuat anak-anak menjadi terbiasa dengan bahasa yang akan mereka gunakan sekaligus bisa menambah pembendaharaan kata-kata bagi mereka. Dengan mendongeng, juga bisa meningkatkan konsentrasi pendengaran anak-anak menjadi lebih baik. Saat anak-anak mendengarkan sebuah cerita, mereka akan lebih fokus sekaligus membantu proses belajar mereka untuk memahami sesuatu hal dengan lebih baik.

Mempertajam Daya Ingat Anak
Setelah Anda mendongeng, Anda bisa meminta anak Anda untuk menceritakan kembali cerita yang sudah ia dengar sebelumnya. Metode ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan mempertajam daya ingat mereka. Namun untuk balita, sebaiknya Anda menggunakan buku yang bergambar, karena biasanya buku yang bergambar warna-warni sangat menyenangkan untuk mereka,  kemudian Anda tunjuk sambil menyebutkan gambar tertentu lalu meminta mereka untuk mengulang apa yang telah Anda tunjuk dan sebutkan sebelumnya.

Menambah Pengetahuan dan Wawasan Anak
Dengan mendongeng, secara tidak langsung Anda juga telah membantu menambah pengetahuan dan wawasan mereka. Anak akan lebih mudah memahami  sesuatu hal jika hal tersebut disampaikan dengan cara-cara yang menyenangkan dan tidak membebani mereka.

Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Berkomunikasi
Rasa penasaran dan rasa keingintahuan anak-anak biasanya sangat besar. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal itu dengan cara “memancing” mereka agar mau bertanya mengenai apa yang ingin mereka ketahui dari cerita yang sudah ia dengar. Kelak, proses ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kemampuan anak dalam menjalin komunikasi dengan orang lain.

Namun, sebelum Anda mulai mendongeng, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal penting berikut ini agar manfaat mendongeng tersebut menjadi lebih maksimal dan optimal:
  • Pilihlah sebuah cerita yang tidak terlalu panjang atau pendek, agar anak tidak cepat merasa bosan, namun tetap memperhatikan pesan yang terkandung dalam cerita tersebut.
  • Pilihlah tempat yang nyaman.
  • Sebelum mulai mendongeng, buatlah awalan yang semenarik mungkin, agar anak mau mendengarkan cerita yang akan Anda sampaikan mulai dari awal.
  • Saat mendongeng, sampaikan dengan suara dan kata-kata yang jelas agar mudah dimengerti oleh anak dan gunakan ekspresi sesuai dengan cerita yang anda sampaikan. Anda juga bisa melibatkan anak Anda dengan cara “memancing” rasa penasaran dan keingintahuan mereka dengan beberapa pertanyaan, misalnya seperti “Ayam bertelur atau beranak?” dan sebagainya.

Ternyata banyak sekali menfaat dari mendongeng, kan? Bagaimana, apakah Anda sudah siap meluangkan waktu untuk mendongeng kepada buah hati Anda? Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ini Manfaat Mendongeng Secara Rutin Bagi Buah Hati Anda"

Post a Comment