Tips Membatasi Anak Agar Tidak Berlama-lama Menonton TV

Tidak bisa dipungkiri lagi, dengan begitu banyaknya acara anak-anak yang di tayangkan di televisi, membuat mereka jadi betah berlama-lama di depan televisi. Padahal kegiatan tersebut kurang baik jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Selain bisa merusak mata juga bisa menghambat tumbuh kembang anak serta beberapa efek kurang baik lainnya.

Terlebih lagi jika kegiatan tersebut dilakukan ketika anak Anda mulai sekolah, karena akan mengganggu kegiatan belajar mereka. Anda sebagai orangtua harus bisa membiasakan agar anak mengurangi atau membatasi acara menonton televisi.

Lalu apa yang harus Anda lakukan sebagai orang tua ketika memberikan pengertian kepada anak mereka bisa mengerti dan tidak rewel? Nah, artikel berikut ini mungkin bermanfaat bagi Anda para orangtua. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

* Jangan meletakkan televisi di kamar tidur anak. Karena anak yang di kamar tidurnya terdapat televisi cenderung lebih lama menonton televisi karena mereka bisa menikmati acara yang ditayangkan tanpa ada yang mengganggu. 

* Jangan biasakan anak makan di depan televisi. Karena hal ini akan membuat anak atau bahkan Anda ikut terlena menonton acara yang ditayangkan, akibatnya acara makan si kecil pun bertambah lama gara-gara Anda berdua keasyikan menonton televisi.

* Buat aturan di keluarga Anda tentang jam menonton televisi, terlebih lagi pada hari-hari sekolah. Misalnya Anda bisa membatasi maksimal menonton televisi selama 2 jam pada malam hari setelah acara belajar anak selesai. Anda bisa mengatur sendiri aturan tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi di keluarga Anda.

* Aturan yang telah Anda buat sebelumnya harus bisa dipatuhi oleh keluarga yang lain, karena juga bisa menanamkan rasa disiplin pada anak.

* Tips terakhir yang mungkin bisa Anda terapkan adalah dengan mencabut kabel televisi dari stop kontaknya. Hal ini bisa Anda lakukan jika anak terlalu rewel.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membatasi anak berlama-lama menonton televisi. Sebaiknya kebiasaan tersebut diterapkan secara bertahap, agar lama-lama anak akan terbiasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 Response to "Tips Membatasi Anak Agar Tidak Berlama-lama Menonton TV"

  1. Columbia Titanium Boots | The Tithium Iron Stool
    Shop for Columbia titanium solvent trap monocore Titanium Boots in Tunica, MS with confidence. titanium iphone case Get special offers titanium drill bit set & fast delivery options titanium nipple bars with the Columbia Titanium Boots. ion titanium on brassy hair

    ReplyDelete