Manfaat Playgroup Untuk Orangtua dan Kecerdasan Anak

Setiap orangtua di seluruh dunia ini pasti menginginkan pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka, terutama pendidikan sejak usia dini, karena saat itu merupakan titik emas yang bisa menentukan pertumbuhan ketika mereka dewasa kelak. Salah satu pendidikan favorit untuk anak usia dini yang bisa dijadikan alternatif adalah playgroup. Seperti namanya, playgroup, yang bisa diartikan grup bermain, tetapi tidak hanya menyediakan tempat untuk bermain saja, namun ada pembelajaran di balik permainan-permainan anak tersebut. Jadi, sambil bermain anak juga bisa belajar.

Karena metode yang diterapkan di playgroup itulah yang bisa membuat anak-anak tertarik dan akhirnya “betah”. Namun, mungkin ada sebagian dari Anda para orangtua yang masih bertanya-tanya tentang teknik dan metode yang diberikan oleh playgroup sehingga anak-anak mereka begitu menyukai playgroup. Nah, informasi seputar playgroup berikut ini mungkin akan menambah wawasan sehingga bermanfaat bagi Anda para orangtua maupun anak Anda. Berikut ulasannya:

Aktivitas di playgroup

Beberapa aktivitas yang banyak dimainkan dan disukai anak-anak yang ditawarkan oleh playgroup seringkali tidak memerlukan budget yang mewah atau terlalu tinggi. Diantara aktivitas tersebut adalah bernyanyi, bermain musik, permainan yang membutuhkan kreatifitas anak, serta beberapa kegiatan di luar ruangan lainnya yang tentunya sangat menyenangkan untuk anak-anak.
Mereka, anak-anak yang memulai pendidikan sejak dini di playgroup juga bisa meningkatkan daya imaginasi serta kreatifitasnya dengan membuat sebuah karya seni, misalnya seperti menggambar dan beberapa pekerjaan buah tangan yang lainnya. 

Selain itu, kegiatan di luar ruangan, seperti tamasya dan rekreasi bersama yang biasanya diselenggarakan menjelang liburan, selain menyenangkan, memberikan anak wawasan tambahan jiwa bersosialisasi, serta menambah hubungan kedekatan dan keakraban antara orangtua dan anak-anak mereka. Hal ini dikarenakan selain tamasya atau rekreasi bersama yang diadakan, maupun pola bimbingan yang diberikan oleh playgorup akan membuat anak merasa diperhatikan, karena selalu mendapatkan perhatian dan bimbingan dari orangtua maupun para pengasuh yang di playgroup itu sendiri.

Alasan yang membuat Anak Begitu Menyukai Playgroup

Sebagian besar anak-anak begitu menyukai playgroup karena di dalam “wadah” tersebut mereka bisa melakukan berbagai kegiatan dan hal-hal baru bersama dengan teman-teman lain yang seusia mereka. Dengan melakukan berbagai kegiatan tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan dan keahlian mereka masing-masing. Nah, kemampuan dan keahlian yang mereka miliki tersebut akan berkembang dengan sendirinya seiring kegiatan harian lainnya yang akan mereka lakukan, baik di rumah maupun di playgroup sendiri.  

Dan dengan metode pendidikan yang di tawarkan oleh playgroup inilah yang membuat anak-anak bisa mempelajari sesuatu hal baru yang berhubungan dengan kegiatan mereka sehari dengan dunia luar. Dengan begitu, selain mereka bisa mendapatkan penjelasan tentang segala hal yang harus dipelajari, mereka juga akan mendapatkan penjelasan dan menemukan dengan sendirinya apa yang ingin dan akan mereka pelajari. Peran orangtua dan pengasuh di playgorup yang selalu mendampingi mereka dalam mempelajari sesuatu hal akan memberikan mereka rasa aman dan nyaman.

Alasan Dari Beberapa Orang Tua yang Menyukai Playgroup

Orangtua yang mempercayakan pendidikan usia dini bagi anaknya dengan memilih playgroup seringkali menemukan “keluarga baru”, yaitu teman baru dari para orangtua siswa-siswi playgroup yang lainnya. Dengan bertambahnya teman baru yang juga didapatkan para orangtua yang memiliki misi yang sama di playgorup, membuat mereka bisa berbagi informasi, ide dan pengalaman baru dalam mengurus dan  mendidik anak-anak mereka.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan anak dan orangtua dengan memilih bergabung di playgroup. Pastikan untuk selalu memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak Anda. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Playgroup Untuk Orangtua dan Kecerdasan Anak"

Post a Comment