Tips Cerdas Agar Anak Tidak Malas Gosok Gigi



Menggosok gigi bertujuan untuk membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang bisa menyebabkan gigi menjadi rusak. Seringkali orangtua mengalami keadaan dimana anaknya malas menggosok gigi mereka. Nah, berikut ini tips agar anak Anda tidak malas menggosok gigi mereka:

Menurut drg. Suzanty Ariany, jadikanlah kegiatan menggosok gigi sebagai sebuah kegiatan yang menarik. Misalnya menggosok gigi sambil bercerita, sehingga anak akan merasa tertarik mendengarkan cerita sambil membuka mulutnya. Proses menggosok gigi juga bisa dilakukan dengan memakai cara permainan mencari kuman. Dalam hal ini para orangtua akan berpura-pura sedang mencari kuman sambil membuka mulut si anak, lalu berkata “wah, kumannya ada di sebelah kiri, ayo kita sikat”, sambil menggosok gigi si anak.  Bisa juga melakukan dengan cara lain yang mungkin lebih disukai oleh si anak.

Jika anak masih terlalu kecil atau usia balita, sebaiknya kegiatan menggosok gigi dibantu oleh orang tuanya. Karena jika tidak, bisa jadi anak hanya akan mengunyah pasta gigi atau bulu sikat giginya. Seiring dengan bertambahnya usia si anak, orangtua perlu mengajarkan kepada anak bagaimana cara menggosok gigi dengan benar.

Selain itu, orangtua juga bisa dilibatkan ketika memilih pasta gigi maupun sikat gigi anak. Di pasaran banyak tersedia aneka pasta gigi anak dengan berbagai rasa. Ada juga berbagai model sikat gigi dengan gambar dan bentuknya yang lucu-lucu. Namun yang perlu diperhatikan, pastikan jika bulu sikatnya terbuat dari bahan yang lembut agar tidak menyakiti gigi dan gusi anak saat menggosok gigi.

Jika anak sudah bisa menggosok giginya sendiri, orangtua masih memiliki tanggung jawab lainnya. Misalnya ketika anak selesai menggosok gigi, orang tua harus memeriksa gigi anak, apakah masih ada sisa-sisa pasta gigi di mulutnya. Jika masih ada, ajak anak agar membersihkan atau menggosok giginya kembali.  

0 Response to "Tips Cerdas Agar Anak Tidak Malas Gosok Gigi"

Post a Comment