Tips Sehat Selama Masa Kehamilan



Setiap Ibu hamil di seluruh dunia pasti menginginkan agar kehamilannya sehat. Ada begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan  menjaga kesehatan selama masa kehamilan, selain melancarkan proses persalinan, bayi yang lahir pun juga akan sehat. Nah, berikut ini beberapa tips sederhana buat Ibu hamil agar kehamilannya sehat:

Tips pertama, setiap Ibu hamil harus melakukan pemeriksaan kandungan ke antenatal care (ANC), karena memiliki manfaat yang sangat banyak, misalnya deteksi dini terhadap kemungkinan adanya kelainan pada janin sekaligus menjadi sarana edukasi bagi Ibu hamil. Selain itu, ANC juga dapat dijadikan sebagai sarana atau tempat proses persalinan, sehingga Ibu tidak merasa bingung harus melahirkan dimana.

Tips kedua, Ibu hamil harus selalu menjaga asupan nutrisi pada masa kehamilan. Selain baik bagi Ibu sendiri, asupan gizi yang dikonsumsi juga sangat baik bagi janin dalam kandungan. 

Tips ketiga, usahakan untuk melakukan senam hamil selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan masa kehamilan hingga proses kelahiran merupakan masa yang cukup berat dan melelahkan yang akan membutuhkan banyak energi dan stamina yang fit. Terlebih saat usia kehamilan memasuki 32 minggu ke atas.
Karena biasanya saat Ibu hamil muda akan aktif melakukan berbagai aktivitas, namun saat perut semakin membesar Ibu hamil akan merasa malas beraktivitas dan inginnya berbaring saja. 

Jika usia kehamilan memasuki 7-8 bulan namun Ibu hamil tidak melatih otot-otot dan pernafasannya, maka ketika datang waktu kelahiran dikhawatirkan Ibu akan mengalami kesulitan saat menjalani proses persalinan.

Tips keempat, usahakan menghindari makanan yang banyak mengandung kafein, alkohol, rokok, maupun obat-obatan lain tanpa resep dokter. Karena tidak semua obat-obatan aman dikonsumsi oleh Ibu hamil.

0 Response to "Tips Sehat Selama Masa Kehamilan "

Post a Comment