Tips Agar Bayi Tidur Mandiri


Kebutuhan tidur setiap bayi pasti akan berbeda-beda. Bayi yang baru lahir bisa tidur 10 sampai 18 jam sehari. Dari umur 4 bulan sampai 1 tahun, mereka akan tidur 9 sampai 12 jam pada malam hari, dengan tambahan beberapa jam tidur di siang hari. Tapi yang juga perlu diketahui, sebagian besar bayi akan tidur hanya sekitar 5 sampai 6 jam pada suatu waktu.

Setelah bayi Anda berusia sekitar 4 bulan, usahakan kurangi waktu anda untuk menenangkan mereka setiap kali mereka merengek, karena hal ini dapat menyulitkan Anda untuk mengatur pola mereka untuk beristirahat. Anda harus memiliki pola tidur yang teratur untuk bayi Anda, sehingga mereka tidak tergantung pada gendongan Anda saja. Hal ini juga bermanfaat ketika mereka mungkin akan terbangun pada tidur malam harinya, namun mereka akan kembali tertidur dengan sendirinya.

Membungkus bayi Anda dalam selimut akan memberikan dia rasa hangat dan dapat membantunya merasa cukup aman dan nyaman untuk tertidur. Bila Anda membedungnya, jangan terlalu erat, pastikan kaki bayi Anda dapat menekuk di pinggul, untuk menghindari masalah di pinggulnya di  kemudian hari. Dan yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda membedungnya, Anda harus dalam keadaan terjaga dan sedang mengawasinya. Jika bayi Anda sendirian di tempat tidur, pastikan dulu tempat tidur dan sekitarnya sudah aman, untuk menurunkan risiko SIDS.

0 Response to "Tips Agar Bayi Tidur Mandiri"

Post a Comment