Ini yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil Ketika Hendak Naik Pesawat



Melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang merupakan salah satu alternatif yang banyak dipilih oleh sebagian orang. Selain mempersingkat waktu, melakukan perjalanan udara juga menghemat tenaga. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketika ibu yang sedang hamil melakukan perjalanan udara. Ada beberapa faktor penting yang harus disiapkan terlebih dulu, termasuk mengecek kesehatan kandungan sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Nah, demi kelancaran selama perjalanan dan kesehatan kehamilan Anda, berikut ini beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terlebih dulu, diantaranya :

1.Konsultasikan dahulu kandungan Anda dengan dokter ahli kandungan.
Sebelum melakukan perjalanan udara, sebaiknya periksakan dulu kondisi kehamilan dan konsultasikan rencana perjalanan Anda. Beri tahu tujuan dan jarak yang akan ditempuh agar dokter bisa memperkirakan kemampuan Anda dan bayi dalam kandungan.

2. Bawa catatan rekam medis Anda.
Jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, akan memudahkan dokter untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

3. Bacalah aturan tentang ibu hamil dengan seksama.
Karena setiap maskapai penerbangan pasti memiliki kebijakan yang berbeda.

4. Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman.
Usahakan memakai sepatu dengan sol yang datar untuk menghindari kemungkinan terjadinya Anda terpeleset, keseleo, atau kaki yang membengkak.

5. Membawa bantal.
Karena tidak semua maskapai penerbangan menyediakan bantal. Selain dapat digunakan untuk tidur, bantal juga dapat digunakan untuk mengganjal pinggang Anda yang terasa pegal dikarenakan duduk terlalu lama.

6. Jika penerbangan Anda dirasa cukup lama, usahakan untuk melakukan aktifitas selama dalam perjalanan. Karena duduk terlalu lama dapat mengganggu peredaran darah sehingga dapat menyebabkan kram.

7. Beri tahu awak pesawat mengenai kondisi kehamilan Anda. Karena jika mereka mengetahui kondisi Anda, awak pesawat mungkin akan memberikan pelayanan yang lebih kepada Anda.

8. Saat menggunakan sabuk pengaman, gunakan di bagian bawah perut dan usahakan jangan menariknya terlalu kencang agar kandungan Anda tidak mendapatkan tekanan dan Anda pun juga dapat bernafas/bergerak dengan leluasa.

9. Jaga kondisi tubuh Anda selama perjalan dengan banyak meminum air mineral selama perjalanan. Hal ini berguna untuk mencegah dehidrasi pada tubuh Anda.

10. Usahakan ketika bepergian Anda tidak sendiri. Hal ini sangat bermanfaat ketika anda membutuhkan pertolongan sewaktu-waktu.

0 Response to "Ini yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil Ketika Hendak Naik Pesawat"

Post a Comment