Waspadai Mainan Plastik Anak Bisa Mengandung Paraben



Beberapa bayi atau anak pasti gemar mengunyah mainan plastik miliknya, terlebih ketika gigi mereka sedang mulai tumbuh. Namun, kebanyakan para orang tua tidak sadar jika kegiatan si anak tersebut bisa membahayakan mereka.
Sebuah penelitian yang telah dilakukan di Jerman menunjukkan bahwa beberapa mainan plastik mungkin saja mengandung bahan kimia yang berbahaya. Jika si anak melakukan kegemarannya tersebut dan mainannya juga mengandung zat yang berbahaya,  hal itu dapat mengganggu produksi hormon yang diperlukan untuk tumbuh kembang normal si anak. 

Peneliti dari Goethe University Frankfurt, Martin Wagner, mengatakan bahwa ia beserta tim melakukan tes laboratorium pada 10 mainan anak yang terbuat dari plastik. Mereka menemukan bahwa dua dari sepuluh mainan tersebut mengandung bahan kimia endoktrin yang dapat mengganggu kesehatan anak.

Dua dari mainan tersebut yang terbukti mengandung bahan berbahaya itu diyakini dapat mengganggu produksi hormon reproduksi  dan androgen anak. Selain itu, ditemukan juga fakta lain bahwa mainan tersebut mengandung zat kimia atau bahan kimia paraben yang biasanya digunakan untuk produk-produk kosmetik dan sebagai pengawet dalam bahan makanan.

Paraben merupakan senyawa atau yang dikenal sebagai  zat asam p-hidroksibenzoat. Jenis paling umum dari paraben yang banyak digunakan untuk bahan kosmetik adalah propylparaben, methylparaben, butylparaben. Biasanya, paraben tersebut digunakan dalam bentuk kombinasi yang berguna untuk meningkatkan efektifitas produk. 

Paraben dan endokrin dapat mempengaruhi sistem perkembangan, kekebalan tubuh, dan reproduksi saraf. Menurut pernyataan US National Institues of Health, zat-zat tersebut dapat ditemukan dalam kosmetik, obat-obatan, pestisida, deterjen, plastik, mainan maupun makanan.

Pada penelitian sebelumnya menemukan endokrin yang dapat menimbulkan risiko nagi tumbuh kembang bayi. Penelitian yang lebih lanjut sangat perlu dilakukan untuk memahami apakah produk-produk tersebut dapat meningkatkan kemandulan atau tidak serta risiko kanker. 

Kepala kesehatan dari Mount Sinai School of Medicine di New York, Dr. Luz Claudio, juga menanggapi akan hal ini. Menurutnya para orang tua sebaiknya harus lebih berhati-hati ketika memberikan mainan yang terbuat dari plastik kepada anaknya. 

Dikarenakan para peneliti masih belum mengetahui secara pasti berapa tingkat paraben yang bisa membahayakan, sebaiknya ketika bayi mulai tumbuh gigi, cukup berikan mereka dengan sepotong wortel atau buah lain yang menyehatkan. Karena selain bebas dari bahan kimia, wortel dan buah-buahan yang lainnya juga banyak mengandung vitamin.

0 Response to "Waspadai Mainan Plastik Anak Bisa Mengandung Paraben"

Post a Comment