Ini Dia Makanan Super Untuk Ibu Baru




Makanan yang bergizi sangat dibutuhkan oleh ibu yang baru melahirkan. Karena saat menjalani proses kelahiran, ibu telah banyak mengeluarkan energi yang menguras staminanya. Meskipun dengan hadirnya si buah hati akan menambah kebahagiaan Anda, namun Anda juga perlu memperhatikan kondisi kebugaran tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda membutuhkan makanan yang tepat untuk memulihkan energi dan kebugaran tubuh Anda.

Rutin mengonsumsi makanan sehat yang bergizi setiap hari akan menambah energi Anda sebagai ibu baru. Mengonsumsi makanan sehat juga sangat bermanfaat dalam proses menyusui, sehingga akan menghasilkan ASI yang berkualitas. Bila Anda tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan,juga akan mempengaruhi kualitas ASI Anda. Jadi pastikan Anda telah mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk mengembalikan kebugaran Anda sekaligus untuk menghasilkan ASI terbaik untuk kebutuhan bayi Anda.

Berikut ini beberapa makanan super yang dapat Anda konsumsi sebagai Ibu baru :

Ikan salmon

Ikan salmon, seperti ikan berlemak lainnya, banyak mengandung jenis lemak yang disebut DHA. DHA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi Anda. Meskipun semua ASI mengandung DHA, tetapi ASI yang dihasilkan akan lebih berkualitas jika Anda mendapatkan lebih banyak makanan yang mengandung DHA.

DHA yang terkandung dalam ikan salmon juga dapat membantu suasana hati Anda. Studi terbaru menunjukkan bahwa hal itu mungkin berperan penting dalam mencegah terjadinya depresi postpartum.

Meskipun ikan salmon sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, tapi ada batasannya dalam mengonsumsinya, terutama oleh para ibu baru. Hal ini dikarenakan untuk membatasi jumlah merkuri yang akan diterima oleh si bayi. Meskipun jumlah merkuri yang terkandung ikan salmon terbilang rendah, namun mengonsumsi 12 ons ikan salmon per minggu sudah sangat tepat. Hindari mengonsumsi ikan todak atau makarel karena memiliki jumlah merkuri yang sangat tinggi.

Susu Rendah Lemak

Susu mengandung vitamin yang bermanfaat untuk memberikan penguatan pada tulang. Selain mengandung protein dan vitamin B, susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Jika Anda menyusui, ASI yang sarat dengan kalsium akan bermanfaat untuk membantu perkembangan tulang bayi Anda.  Jadi, sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung cukup kalsium untuk memenuhi kebutuhan Anda sendiri. Tiga cangkir susu setiap hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan  Anda.

Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak terbukti dapat meningkatkan energi Anda sebagai ibu baru. Karena daging sapi tanpa lemak banyak mengandung zat besi. Kurangnya asupan makanan yang mengandung zat besi dapat menguras energi Anda, sehingga sulit bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh setiap bayi yang baru lahir. Ibu menyusui membutuhkan mengonsumsi protein tambahan dan vitamin B-12. Daging sapi tanpa lemak adalah sumber yang sangat baik untuk keduanya.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, terutama yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang ginjal banyak mengandung protein non-hewani.

Bluberi

Ibu menyusui harus mendapatkan dua porsi atau lebih buah atau jus setiap harinya. Blueberry adalah pilihan yang tepat karena sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan Anda. Selain enak, berry juga memberikan karbohidrat untuk menjaga jumlah energi Anda.

Beras Merah

Dengan mengonsumsi beras merah akan menghasilkan kalori yang dibutuhkan untuk menghasilkan ASI yang berkualitas terbaik yang dibutuhkan oleh bayi Anda. Selain itu, karbohidrat yang terkandung dalam beras merah juga dapat menjaga tingkat energi Anda

Jeruk

Jeruk adalah salah satu makanan yang tepat untuk meningkatkan energi Anda. Selain itu, ibu yang menyusui membutuhkan lebih banyak vitamin C dan itu terkandung di dalam jeruk. Jeruk dapat dikonsumsi dengan mengolahnya menjadi jus jeruk.

Telur

Telur adalah makanan serbaguna yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Mengonsumsi telur ketika sarapan, makan siang, dan makan malam sudah cukup untuk memberikan protein yang Anda butuhkan. Pilihlah telur yang kaya DHA untuk meningkatkan kandungan asam lemak esensial yang juga sangat bermanfaat untuk ASI Anda.

Whole-Wheat Bread

Asam folat sangat penting untuk perkembangan bayi Anda pada tahap awal kehamilan. Tidak berhenti di situ saja, asam folat adalah nutrisi penting dalam ASI yang dibutuhkan oleh bayi Anda. Selain itu, asam folat juga sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, lobak, dan brokoli banyak mengandung vitamin A, yang baik untuk Anda dan bayi Anda. Selain sumber kalsium non-susu yang baik dan mengandung vitamin C dan zat besi, sayuran hijau juga menyehatkan jantung karena mengandung antioksidan dan rendah kalori.

Sereal gandum

Salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan energi untuk ibu baru yang dapat dikonsumsi sebagai sarapan di pagi hari adalah sereal gandum. Sereal kaya dengan vitamin dan nutrisi untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Mengonsumsinya dengan menambahkan blueberry dan susu skim ke dalam seporsi  oatmeal akan sangat lezat dan bermanfaat.

Air

Ibu yang sedang menyusui sangat beresiko mengalami dehidrasi. Karena proses menyusui sangat menguras energi ibu. Untuk menjaga tingkat energi ibu dan produksi ASI, pastikan Anda tidak mengalami dehidrasi dengan banyak minum air mineral. Minum jus atau susu dapat memenuhi beberapa kebutuhan cairan Anda. Tapi berhati-hatilah jika Anda minum minuman yang berkafein seperti kopi atau teh, karena kafein akan tercampur dengan ASI dan dapat menyebabkan bayi menjadi mudah tersinggung dan susah tidur Usahakan jangan meminum minuman yang mengandung kafein lebih dari 2-3 cangkir.

0 Response to "Ini Dia Makanan Super Untuk Ibu Baru"

Post a Comment