Apa Sih Hypoplastic Left Heart Syndrome Pada Bayi?

Hypoplastic Left Heart Syndrome adalah sebuah kondisi dimana bilik jantung sebelah kiri tidak tumbuh dengan sempurna, sehingga fungsinya pun menjadi tidak normal dan akibatnya alirah darah pun menjadi tidak sempurna.

Kondisi tersebut sebenanarnya sudah dapat dideteksi sejak masih dalam kandungan. Hypoplastic Left Heart Syndrome memiliki efek pada struktur kerja jantung, karena jantung sebelah kiri tidak terbentuk dengan sempurna. Seperti bilik kiri yang tidak sempurna dan atau terlalu kecil. Atau katup mitral tidak terbentuk dan atau terlalu kecil.

Bayi dengan Hypoplastic Left Heart Syndrome, jantung bagian kiri tidak dapat memompa oksigen dengan baik dan akhirnya aliran darah ke seluruh tubuh pun menjadi tidak lancar.

Saat lahir, biasanya bayi akan terlihat sehat, tapi kemudian akan mengalami kesulitan dalam bernafas jika tidak segera ditangani. Karena pada umumnya, kondisi tersebut sudah dapat terdeteksi sejak masih dalam kandungan. Karenanya ketika ia lahir pun harus langsung mendapatkan perawatan..

Jika ditangani dengan baik, biasanya bayi akan tumbuh secara normal. Tapi memang untuk bertahan selama operasi memang membutuhkan kekuatan. Hanya sekitar 60% pasien yang bertahan ketika menjalani operasi. Jika kelak gaya hidupnya dijaga dengan baik, pasien dapat hidup normal seperti umumnya.

0 Response to "Apa Sih Hypoplastic Left Heart Syndrome Pada Bayi?"

Post a Comment