Tips Menjenguk Bayi Baru Lahir

Saat mendengar kabar dari keluarga atau teman yang baru mendapatkan momongan, tentunya akan sangat menggembirakan. Tak sabar rasanya untuk secepatnya menjenguk dan turut bergembira menyambut hadirnya si kecil ke dunia.

Nah, agar pada saat kehadiran Anda tersebut turut menyenangkan dan tidak mengganggu kebahagiaan yang tengah dirasakan oleh ibu dan buah hatinya yang baru lahir, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Jangan merokok
Asap rokok akan sangat mengganggu dan sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama jika terhirup oleh bayi/anak. Ketika Anda merokok di dalam/luar ruangan, asap rokok yang mengandung zat-zat yang berbahaya tersebut akan terhirup oleh orang lain, dan zat-zatnya akan menempel di pakaian dan tangan Anda. Pastikan terlebih dahulu jika Anda sudah mencuci tangan dan mengenakan pakaian yang bersih dan bebas dari asap rokok. 

2. Hindari memegang minuman panas
Karena bisa saja Anda akan tersenggol hingga menumpahkan gelas berisi minuman panas di sekitar bayi. Dan untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya letakkan dulu gelas yang Anda pegang saat berada di dekat bayi.

3. Berkunjung di waktu yang tepat
Jangan mengunjungi pada saat waktu sudah terlalu malam, karena kemungkinan kedatangan  Anda akan mengganggu jadwal istirahat ibu dan bayinya. Datanglah pada saat siang/sore hari agar Anda dapat dengan leluasa mengobrol dan bercengkerama. Tapi dengan catatan, jika sudah tiba waktunya bagi bayi untuk beristirahat, tentu Anda harus tahu diri.

4. Pastikan saat berkunjung Anda dalam kondisi sehat
Bahkan jika Anda sedang menderita flu ringan, tunda dulu rencana Anda untuk menunjungi ibu dan bayinya yang baru lahir tersebut. Karena sistem imunitas pada bayi baru lahir masih belum sempurna sehingga mereka akan mudah tertular/terserang penyakit. Pastikan terlebih dulu sebelum Anda berkunjung dalam kondisi sehat.

5. Cuci tangan
Dengan aktifitas sebelumnya yang telah Anda lakukan, apakah Anda bisa menjamin bahwa tangan atau bagian tubuh Anda yang lain tidak terkontaminasi oleh kuman dan bakteri? Jangan berani untuk mengambil risiko, sebaiknya cuci tangan Anda terlebih dulu sebelum berkunjung dan melakukan kontak fisik dengan si bayi.

6. Beri kesempatan untuk ibu menyusui
Jika pada saat Anda berkunjung terlihat si bayi mulai menangis dan tampak kehausan, hentikan dulu obrolan Anda dengan si ibu untuk sementara waktu. Saatnya Anda untuk sadar diri dan keluar ruangan untuk memberikan waktu agar si ibu dapat menyusui buah hatinya dalam keadaan tenang dan nyaman.

7. Bicara dengan nada yang pas
Terutama pada saat Anda berkunjung si bayi sedang tidur. Usahakan saat Anda mengobrol dengan ibu si bayi dengan volume suara yang rendah. Karena suara yang terlalu kencang atau berisik dapat mengganggu bayi, lalu membangunkan dan membuat si bayi menangis, sehingga acara berkunjung yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi kacau jika si bayi terus-terusan rewel. 

8. Membawa hadiah
Sebagai ungkapan turut berbahagia dan mengucapkan selamat, tidak ada salahnya jika Anda membawa hadiah untuk ibu dan buah hatinya. Agar bingkisan yang Anda bawa bermanfaat dan tepat guna, jangan ragu untuk bertanya benda apa yang sedang dibutuhkan. Atau bisa juga dengan memberikan kejutan kecil pada ibu dan buah hatinya.

9. Atur nada dering ponsel
Pastikan ponsel yang Anda bawa sudah diatur terlebih dulu dengan volume yang rendah atau mode getar agar tidak mengagetkan si bayi ketika tiba-tiba ponsel Anda berdering. Oh ya, saat hendak berfoto bersama si bayi dengan menggunakan kamera ponsel, pastikan terlebih dulu jika Anda sudah mematikan lampu flash kamera handphone Anda agar cahaya yang dtimbulkan tidak mengganggu mata si bayi.

0 Response to "Tips Menjenguk Bayi Baru Lahir"

Post a Comment