Ini Penyebab Ruam dan Gatal di Kulit Ibu Hamil



Ketika mengandung, kondisi tubuh ibu hamil menjadi lebih rentan dari kondisi biasanya. Tidak sedikit pula yang mengeluh kulitnya menjadi lebih sensitif, sehingga mudah muncul berbagai masalah di kulit. Salah satu masalah umum di kulit ibu hamil yang sangat mengganggu adalah ruam dan gatal-gatal. 

Salah satu penyebab munculnya ruam dan gatal di kulit ibu hamil adalah PUPPP (Pruritic Urticaria Papules and Plaques of Pragnancy).  Meskipun masalah tersebut disebut tidak berbahaya, namun kondisi tersebut pasti cukup mengganggu ibu hamil.

PUPPP merupakan suatu kelainan pada kulit ibu hamil yang ditandai dengan munculnya rash atau ruam yang berbentuk bentol-bentol. Bentolan ini biasanya cukup gatal, yang muncul mulai daerah perut lalu bertambah banyak yang membentuk bercak lebar yang menyerupai pulau. Meskipun PUPPP sangat jarang terjadi, hanya sekitar 1 dari 100 kehamilan, tetapi kondisi ini sangat mengganggu.

Tanda atau gejala khas yang ditimbulkan oleh PUPPP adalah biasanya terjadi pada kehamilan pertama. Umumnya, area gatal juga muncul untuk kali pertama di bagian perut, kemudian meluas hingga ke bagian paha dan pantat.

Selain itu, PUPPP biasanya juga bisa meningkat pada kehamilan yang kembar dan pada ibu hamil dengan pertambahan berat badan yang sangat signifikan. Biasanya munculnya berupa bentol-bentol dengan area di sekelilingnya terlihat pucat dan tidak berair.

Penyebab lain gatal-gatal yang dialami kulit ibu hamil juga dapat berupa infeksi jamur, eksim, gangguan empedu, hingga penyakit Autoimun Herpes Gestasional. Bila kondisi ini terjadi, untuk lebih memastikan, ibu hamil bisa memeriksakan kondisi tersebut ke dokter spesialis kulit. Sebab penyakit seperti gatal-gatal juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit yang lebih serius, seperti liver dan gangguan empedu, yang bisa mengakibatkan kelahiran prematur.

0 Response to "Ini Penyebab Ruam dan Gatal di Kulit Ibu Hamil"

Post a Comment