Manfaat Membacakan Dongeng Untuk Bayi

Moms,  kalau diingat waktu kecil dulu, ayah ibu kita sering membacakan kita dongeng baik saat santai atau  sebelum tidur. Lalu bagaimana rutinitas Anda dengan si kecil? Apakah Anda suka membacakan dongeng? Mungkin Anda merasa sibuk dan keburu cape untuk membcakan dongeng buat si kecil. Coba deh untuk meluangkan waktu membacakan dongeng bagi si kecil. Selain mendekatkan Anda dan si kecil secara emosional, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan membacakan dongeng untuk si kecil.
Bacakan atau ceritakan kisah-kisah yang mengandung nilai positif untukanak-anak Anda. Biasanya saat mendengarkan dongeng merka juga selalu bertanya mengapa begini mengapa begitu. Jelaskan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti mereka.  Saat usia dini adalah saat yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan dan akan membekas pada mereka.
Mendengarkan cerita atau dongeng juga akan membantu untuk memperkaya  perbendaharaan  si kecil. Mereka akan menemukan kosa kata baru yang didengarnya. Cara ini efektif untuk memuat si Anak mempunyai lebih banyak pilihan kata saat mengobrol dengan Anda atau orang lain dan lebih mudah menyampaikan maksudnya. 
Fokus
Cerita yang menarik akan membuat mereka konsentrasi memperhatikan cerita sehingga akan melatih mereka untuk fokus dan menyimak pembicaraan.
Melatih Memori
Cerita yang menarik anak-anak bisanya akan berkesan dan membuat mereka menceritakannya lagi pada orang lain atau mengajak Anda membahas cerita yang sudah disampaikan. Anda bisa menggunakan alat bantu seperti gambar atau benda bentuk tiga dimensi untuk menambah daya ingat mereka, misalnya bentuk sebuah benda, binatang atau benda lainnya. Mintalah mereka untuk menunjuk benda yang dimaksud sambil memberi mereka sejumlah pilihan benda.
Menambah Wawasan
Mendengar banyak hal baru secara tidak langsung akan membuat si kecil mengenal banyak hal di sekeliling atau hal-hal lain yang belum dilihatnya. Ini akan memancing rasa ingin tahunya untuk lebih banyak dan mencari tahu dengan banyak bertanya pada Anda. Jawablah dengan sabar dan santai.

Saat menyampaikan cerita untuk si kecil, perhatikan juga hal-hal lain sepreti durasi cerita, pesan yang ingin disampaikan, suasana yang nyaman dan ekspresi Anda saat menggambarkan situasi tertentu atau meniru suara-suara khas  yang akan membuat mereka tetap menikmati cerita yang Anda sampaikan. Ciptakan dialog dua arah saat Anda mendongeng, seperti memancing mereka untuk menebak jalan cerita berikutnya yang Anda sampaikan.

0 Response to "Manfaat Membacakan Dongeng Untuk Bayi"

Post a Comment