Makanan Yang Harus di hindari Untuk Bayi

Makanan Yang Harus Dihindari bayi
Setelah memasuki usia 6 bulan, adalah saat yang tepat  untuk memberikan makanan pendamping ASI bagi si kecil sambil menegnalkan  berbagai rasa makanan bayi terutama sayuran dan buah-buahan. Memang saat memberikan makanan pendamping ASI alias MPASI  selain memberikannya secara bertahap juga harus memperhatikan apakah  bayi mempunyai alergi terhadap beberapa jenis makanan, misalnya.  Akan tetapi, ternyata ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya jangan diberikan  dahulu pada bayi Anda. Apa saja itu? Ini dia.

Susu sapi
Mungkin ada di antara Anda yang tidak bisa memberikan ASI secara penuh dan menggantinya dengan susu formula. Sebaiknya berikan susu formula yang mengandung soya, bukan susu sapi karena tidak bisa dicerna secara sempurna oleh ususnya.Susu sapi juga  bisa menyebabkan kekurangan zat besi pada bayi. Selain itu kandungan susu sapi tidak bisa mencukupi kebutuhan bayi akan vitamin C, E dan seng.

Kacang-kacangan
Tunggulah sampai  bayi Anda berusia 4 tahun untuk memberikan kacang-kacangan. Memberikan kacang-kacangan pada bayi yang berusia  dibawah 4 tahun berisiko menyebabkan mereka mengalami tersedak saat mengunyahnya.
Beberapa Ikan Tertentu
Ikan memang mengandung nutrisi yang baik bagi bayi. Tapi sebaiknya  berikan ikan pada bayi saat berusia  anatara 2 atau 3 tahun. Hal ini untuk mengantisipasi ikan yang Anda olah untuk si kecil  terkontaminasi oleh merkuri yang bisa menghambat tumbuh kembang tubuhnya.  Kecuali Anda bisa memastikan 100%  ikan yang dimasak untuk si kecil benar-benar bebas dari mercury.
Telur
Beberapa bayi bisa mengalami alergi telur yang menyebabkan jantungnya berdetak lebih cepat, sulit bernafas atau  tersedak. Agar lebih aman, perkenalkan telur sebagai menu makanan mereka saat usianya sudah  5 tahun. 
Madu
Madu memang mengandung  banyak gizi dan vitamin yang baik bagi tubuh, hanya saja bagi bayi yang berusia dibawah 1 tahun, bisa memempengaruhi perkembangan tubuh dan bisa mengganggu pencernaannya.
Saat bayi Anda sudah  mencapai  usia 6 bulan memang sudah saatnya membreikan MPASI, tapi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, bidan atau ahli gizi  untuk membuat menu yang cocok bagi si kecil ya, Moms.  

Happy feeding time!

0 Response to "Makanan Yang Harus di hindari Untuk Bayi"

Post a Comment