Tips Mencegah an Mengatasi Muntah Pada Bayi

Tips Mencegah  an Mengatasi Muntah Pada Bayi
Dalam beberapa  hari setelah lahir  sampai beberapa  minggu,  kita akan sering menjumpai sikecil mengalami  muntah-muntah.   Tidak selamanya  ini  berbahaya, bisa  jadi  hal  yang wajar  atau memang perlu penanganan khusus. Beberapa   gejala  berikut  adalah  yang wajar  dan tidak perlu  membuat  Anda cemas.
  1. Berat badan  bayi tetap  mengalami kenaikan secara norma
  2. Pertumbuhannya  tidak terganggu
  3. Masih bisa bernafas  dengan  normal  meskipun sudah  mengalami  muntah-muntah
  4. Bayi  tidak terlihat  terganggu/ tetap  merasa  nyaman
  5. Kondisi di atas  terjadi  karena  organ tubuhnya,  yakni esofagus, berupa selaput  yang berfungsi  untuk  mencegah   naiknya  kembali makanan  ke mulut   belum bekerja  dengan  sempurna. bayi masih belum sempurna.
Lain halnya dengan  gumoh yang dialami  oleh bayi.  Gumoh terjadi begitu saja pada  bayi  dalam  jumlah  yang  lebih sedikit  dan tidak membuat bayi tersiksa karena  mengalami  gumoh. Untuk menghindari  terjadinya  muntah-muntah  pada  bayi,  ada  beberapa  cara  yang  bisa  dilakukan, yaitu:
  1. Mengondisikan   bayi mengalami  sendawa setiap  selesai  menyusui dalam interval  waktu  15  sekali  atau setiap  menghabiskan  30-50  ml air susu
  2. Gendong  bayi dengan posisi tubuhnya  yang tegak dalam waktu  30 menit  setiap  selesai  menyusui. Selain  membuat  bayi jadi bersendawa, menggendong bayi dengan posisi seperti  ini  akan  membantu ASI  lebih  cepat  turun ke lambung.
  3. Pastikan juga setiap  selesai  menyusui, perut   bayi Anda  tidak  tertekan,  tidak tengkurap, tertekan  oleh  sabuk pengaman pada mobil,  atau  mengenakan  popok atau bedong  yang terlalu kencang atau kuat.
  4. Anda  juga  bisa  memberikan susu dengan kadar  yang sedikit  lebih kental dari  biasanya  dengan  menambahkan sereal  bayi, tepung beras  atau tajin agar  tidak termuntahkan  oleh bayi
Bila si kecil terlanjur  mengalami  muntah, hal-hal berikut  ini  bisa dilakukan  untuk mengantispasi  efek sampingnya.
  1. Kondisikan  posisi  kepala  bayi  dalam keadaan  naik  atau  setengah duduk. Selain dengan cara digendong  juga  bisa  memberikan  ganjalan  bantal  pada kepalanya  agar  cairan  muntahan  bayi  tidak  naik ke hidung.
  2. Bersihkan sekeliling mulut bayi dari sisa-sisa muntahan yang tinggal.
  3. Setelah  bayi  kembali tenang,  berikan air susu  atau air minum untuk mencegah terjadinya dehidrasi.
  4. Istirahatkan  bayi  sampai tertidur, kondisikan agar tidak  berisik di sekitarnya.
Bila  bayi  Anda  terus  mengalami  muntah-muntah segera  bawa ke dokter  yang terdekat  untuk mendapatkan  penanganan  yang lebih lanjut.
*adaptasi dari: the asiparent.com*
(http://permainanbayilucu.blogspot.com)

0 Response to "Tips Mencegah an Mengatasi Muntah Pada Bayi"

Post a Comment