Permainan Teether Untuk Merangsang Pertumbuhan Bayi


Meski tidak  semuanya  mengalami,  saat  bayimemasuki usia  4 atau  6 bulan sudah  mulai menunjukan  pertumbuhan  gigi  susunya  yang  pertama.  Biasanya saat giginya tumbuh, bayi  mendadak jadi rewel karena merasa  tidak  nyaman  jaringan gusinya  mulai terdesak gigi  yang akan tumbuh. Tidak sedikit  juga  bayi  mengalami demam, susah tidur,  mengeluarkan air  liur  yang banyak dan senang menggigit-gigit  benda untuk mengalihkan rasa tidak  nyaman yang dialaminya. Untuk itu, tidak ada salahnya bila Anda membelikan si kecil  mainan  yang bisa digigit oleh bayi atau lebih dikenal dengan nama  teether. Teether terbuat dari karet dengan bentuknya yang lucu, melengkung dan warna yang menarik serta  mudah dipegang  membuat si kecil  mudah menyukai mainan ini. 
Selain  merangsang pertumbuhan gigi, teether juga  baik untuk merangsang  kemampuan motorik pada  bayi. Untuk memilih teether  yang baik  dan aman, sebaiknya  perhatikan tips-tips berikut ini :
  • Pilih bahan yang berisi  gel  agar si kecil tidak merasa  nyeri  ketika menggigitnya.
  • Pilih  ukuran teether  yang sesuai dengan bentuk  mulut  bayi dan mudah digigit dan dipegang oleh bayi.
  • Sesuaikan ukuran teether  dengan tahapan petumbuhan  gigi pada  bayi  berdasarkan usianya.  
Setidaknya ada 4 tahap  dalam memilih teether  untuk  bayi, yaitu :
  1. Tahap 1, ditujukan  untuk bayi berusia 4 bulan. Teether terbuat dari bahan lateks  yang  berisi  gel, mempunyai tekstur  bintik-bintik,  dan lembut dan nyaman saat digigit.
  2. Tahap 2, Saat  gigi si kecil  mulai bertambah  menjadi 2,  kemampuannya  menggigit  bertambah  kuat, pilihlah teether  yang lebih padat dari tahap 1.
  3. Tahap 3, teether pada  tahap  ini  jauh lebih padat dari tahap 2, tetap lembut digigit  namun memiliki tekstur  yang lebih kasar dan bergelombang saat disentuh.  Teether  pada  tahap ini berfungsi  untuk  untuk merangsang pertumbuhan 2 gigi   pada   gusi bagian depan atas mulut.
  4. Tahap 4, teether tahap ini  lebih padat dan kasar,   menunjang pertumbuhan gigi pada gusi  bagian  atas dan bawah serta untuk merangsang pertumbuhan gigi pada bagian belakang.
Untuk menjaga  kebersihan teether, selalu  cuci setelah digunakan anak sesuai dengan petunjuk perawatan  yang tercantum pada kemasan. Ada  yang bisa direbus atau hanya cukup dicuci  dengandengan air  mengalir. Setelah bersih,  keringkan teether dengan kain yang bersih dan simpan  teether  pada  wadah yang  bersih dan higienis  atau di simpan di dalam kulkas (bukan di freezer).
Sumber: Nakita

0 Response to "Permainan Teether Untuk Merangsang Pertumbuhan Bayi"

Post a Comment