Cara Membersihkan Botol Bayi Yang Higienis

Cara  Membersihkan  Botol Bayi  Yang Higienis
sumber : scgh.com
Tidak  selamanya  menggunakan botol tidak  baik  untuk bayi. Asal tepat  memilih, lama  pemakaian yang benar,  dan botol  yang terawat dengan baik,  menggunakan botol bagi bagi  akan banyak membantu. Misalnya  bila Anda seorang  ibu yang sibuk, sehingga harus menyimpan ASIP  untuk stok. Atau, saat  balita Anda  belajar  untuk minum air  putih. Alih-alih menggunakan gelas  yang akan membuatnya tersedak, menggunakan  botol  bayi  adalah pilihan  yang lebih aman. Bila frekuensi   penggunaan  botol  bayi cukup sering,  sebaiknya  Anda  memiliki botol  bayi lebih satu sebagai cadangan. Ini akan membantu Anda  untuk memberikan ASIP, susu formula  atau  air  minum segera. Untuk merawat  botol  bayi agar  selalu bersih dan steril,  caranya  cukup mudah. Kita  bisa merendamnya dengan air  panas, selama  kurang  lebih  5 menit sebelum digunakan. Cara  lain  yang bisa  digunakan  untuk  membersihkan  bayi adalah dengan mencucinya dengan cara  biasa  dan  menggunakan   sabun cuci  yang tepat dan air  panas  tanpa   harus  merendamnya terlebih dahulu. Mau tahu caranya? Seperti  ini, nih.
  1. Penuhi wastafel  (yang sudah  bersih tentunya, ya)  dengan air  panas.  Tambahkan  sabun cuci piring secukupnya.
  2. Masukan  botol, dot dan  perlengkapan lainnya ke dalam wastafel.
  3. Masukan  air  panas  yang sudah  banyak  mengandung busa  ke dalam  botol.
  4. Sikat secara perlahan botol sampai bersih.
  5. Bilas  botol  dengan  air mengalir dari keran.
  6. Gunakan  sikat  khusus  untuk dot  untuk membersihkan  bagian  dot.
  7. Dorong air panas  dari lubang dot untuk membersihkan sisa-sisa  air susu  atau gumpalan susu  yang sullit dijangkau.
  8. Gunakan capitan botol  yang sudah steril untuk  mengambil botol dan perlangkapn lainnya.
  9. Simpan botol dan semua  perlengakpannya di di rak. Biarkan sampai  mengering.
  10. Pastikan tangan Anda selalu  dalam keadaan steril setiap  akan menggunakan  botol  untuk memberi susu atau minum untuk si kecil.  Gunakan  sabun  dan air yang hangat  untuk  memastikan tidak ada  kuman  yang menempel di tangan.  Cuci tangan  Anda selama  kurang lebih  20 detik. 
  11. Keringkan tangan  dengan   lap  yang  bersih.  Barulah Anda  bisa  menyiapkan susu  untuk si kecil dengan menggunakan  botol, dot dan sendok  yang  bersih.
sumber: ayahbunda.co.id

0 Response to "Cara Membersihkan Botol Bayi Yang Higienis"

Post a Comment