Tips Mengatasi Bayi Yang Rewel Setelah Imunisasi

Tips Mengatasi Bayi Yang Rewel Setelah Imunisasi
Moms,  coba deh perhatikan kalender Anda, mungkin dalam beberapa hari ke depan sudah waktunya membawa si kecil puskesmas atau bidan untuk memberikannya imunisasi yang pertama atau yang imunisasi berikutnya. Ada kalanya nih, kalau sudah waktunya  si kecil mendapatkan imunisasi, bikin kita para orang tua jadi ikutan galau, ya.  Duh, gimana nih kalau nanti setelah diberi imunisasi si kecil jadi rewel? Meskipun ini adalah reaksi wajar, tangisan si kecil memang bisa bikin bingung. Coba deh simak tips  berikut ini. Mudah-muahan setelah membaca artikel ini, Anda bisa segera mempraktekannya untuk menenangkan si kecil.
Waktu Imunisasi
Perhatikan kapan Anda akan memberikan imunisasi untuk bayi Anda. Pastikan Anda memberikan  imunusasi pada saat si keci benar-benar sehat. Hal ini penting agar efek demam yang timbul tidak terlalu parah. Tundalah waktu pemberian imunisasi bila si kecil sedang sakit batuk, pilek atau sakit lainnya.
Cek Alergi
Apakah si kecil punya masalah alergi dengan penyakit tertentu?  Konsultasikan dengan dokter atau bidan yang akan memberikan imunisasi untuk meminimalisir risiko ini.
Berikan Kompres
Bagian tubuh yang diinjeksi saat imunisasi akan meninggalkan rasa ngilu pada bayi. Untuk membantu meredakannya, Anda bisa memberi kompresan air dingin. konsultasikan dengan dokter bila si kecil mengalami demam. Jangan sembarangan memberikan obat penurun panas, ya, Moms.
Hindari Dehidrasi
Berikan ASI/air minum yang cukup agar si kecil tidak mengalami dehidrasi setelah diimunisasi. Asupan air yang cukup akan membantu mencegah terjadinya dehidrasi pada   bayi Anda. Pastikan bayi dan balita tidak mengalami dehidrasi setelah imunisasi, apalagi jika sampai mengalami demam. Asupan air yang mencukupi akan membantu tubuh bayi dan balita menurunkan demam dan panas di tubuhnya. Last but not least, segera Konsultasikan dengan dokter bila si kecil juga mengalami sesak napas,  muncul  bintik merah atau timbul  ruam  pada kulit, wajah pucat atau  muntah-muntah. Dalam kasus tertentu bisa jadi bayi Anda mengalami pingsan. Tetap tenang, Moms. Segera bawa si kecil  ke dokter atau rumah sakit terdekat.

0 Response to "Tips Mengatasi Bayi Yang Rewel Setelah Imunisasi "

Post a Comment