Tips Memilih Permainan Memasak Untuk Anak Balita

Tips Memilih Permainan Memasak Untuk Anak Balita

Biasanya yang namanya anak itu suka meniru  yang dilakukan  orang tuanya. Begitu juga bila seorang anak perempuan  mempunyai  ibu yang suka memasak di dapur, ia akan meniru yang dilakukan ibunya. Selain  ikut-ikutan atau nimbrung saat ibunya memasak, mereka  juga akan bemain sandiwara seolah-olah sedang  memasak. Kalau Anda mempunyai  anak perempuan  yang mempunyai hobi seperti  ini, maka  tidak ada salahnya bila Anda memberikan mereka mainan berupa permainan memasak. Siapa tahu, nantinya si kecil bisa  menjadi seorang chef yang terkenal.


Selain memberikan  mereka  fasilitas mainan  untuk menyalurkan  hobi dan  bakatnya, permainan memasak  ini juga bisa jadi cara yang mudah bagi  kita untuk mengenalkan peralatan masak dan kegunaannya tanpa harus merasa  takut karena akan membahayakan mereka. Untuk membelikan  permainan  memasak untuk anak-anak Anda,  berikut  ini  adalah beberapa  hal yang bias Anda perhatikan:

  • Pilihlah  mainan memasak  yang lengkap  berupa pemainan kitchen set, karena  harganya akan jauh lebih murah  bila dibandingkan dengan membeli secara satuan. Mulai dari kompor mainan,  wajan mainan dan  peralatan  lainnya termasuk peralatan  makanan mainan.
  • Belikan anak-anak Anda mainan memasak  yang  familiar, sering mereka  lihat dan sering digunakan di rumah  agar  lebih mudah  untuk mengenalkan fungsi dan kegunaannya. Misalnya saja  kompor gas, panci, wajan, sodet, saringan, mixer, jucier atau blender,  piring, pisau,  talenan, sendok, garpu,  botol saos  atau kecap, gelas,  nampan,  wadah nasi, gelas, dan sebagainya.
  • Pilih mainan  memasak  yang terbuat dari bahan yang aman,  dan tidak  mudah rusak, misalnya saja mainan dari  kayu atau plastik  yang sudah memenuhi  kualitas  material  yang memenuhi standar internasional.
  • Bila Anda  akan menggunakan  bahan makanan   untuk simulasi  memasak,  pastikan  mainan  yang akan dipakai sudah bersih dan bahan  makanan  mainan terbuat dari   bahan yang aman dan tidak mengandung bahan kimia  yang berbahaya seperti  lilin  yang dikhususkan untuk mainan.
  • Jangan  biarkan anak-anak Anda  menggunakan tanah  untuk  bahan simulasi memasak.
  • Dampingi selalu anak-anak Anda selama bermain  dengan permainan  memasak, untuk  mengawasi agar  mereka  tidak  memakan  bahan  makanan  mainan  atau  tindakan lain  yang membahayakan.

0 Response to "Tips Memilih Permainan Memasak Untuk Anak Balita "

Post a Comment