Permainan Mudah Untuk Menstimulasi Motorik Bayi Dengan Usia 3-4 Bulan

Permainan bayi untuk menstimulasi syaraf motorik untuk bayi usia 3-4 Bulan.

Anda punya bayi dengan usia 3-4 bulan? Banyak yang mengira mempunyai bayi dalam usia ini belum bisa mengajak mereka bermain- main. Ah, siapa bilang sih? Padahal nih,  tahun-tahun pertama  bagi seorang  bayi adalah masa yang paling menentukan untuk mendukung tumbuh kembangnya.  Ada banyak permainan mudah untuk menstimulasi motorik bayi Anda tercinta.

permainan bayi cerdas
sumber: todaysparent.com
Beberapa permainan berikut ini dapat  kita lakukan untuk merangsang perkembangan motorik bayi dengan memanfaatkan anggota tubuh berupa tangan dan kaki.
  • Sepeda Udara ---> Memainkan permainan ini bisa melatih koordinasi mata kaki, serta kekuatan otot kaki, tulang belakang hingga leher dan kepala. Anda bisa melakukan ini sejak bayi Anda baru lahir.
  • Berguling bersama bola ---> Permainan ini   baik untuk melatih keseimbangan bayi, kekuatan tubuh bagian atas (seperti leher dan tangan), dan koordinasi kaki-tangan.Permainan ini juga bisa dilakukan sejak bayi lahir.
  • Kerincingan ---> Anda tentu familiar dengan keringan ini. Tahukah Anda kalau kerincingan ampuh untuk melatih semua otot dan yang menunjang gerak tangan dan kaki? Anda bsa mencobanya juga sejak mereka lahir.
  • Sit Up bayi ---> Jangan parno dulu. Tentu saja caraya berbeda dengan yang dilakukan oleh dewasa. Sit up untuk bayi berguna untuk melatih seluruh otot dan persendian, teruma tubuh bagian tas (leher, bahu, tangan).  Untuk yang satu ini bisa Anda mulai saat bayi berusia  setela 3-4 bulan.
  • Ayun kaki ibu ---> Melakukan permainan ayun kaki ibu ini akan melatih kemampuan menjaga keseimbangan serta memperkuat seluruh otot dan kekuatan alat gerak (tangan dan kaki). Lakukan permainan ini minimal setelah bayi berusia 3-4 bulan.
  • Merangkak dan merayap --->Biarkan mereka melatih kekuatan otot tbuhnya dengan cara ini. Secara alami mereka bisa melakukannya sejak lahir. 
  • Terbang ---> Permainan terbang  baik untuk melatih seluruh otot, terutama alat gerak dan keseimbangan.  Ajak bayi Anda bermain ini setelah usianya mencapai 5-6 bulan. Agar Anda merasa tetap tenang dan tidak khawatir mengajak  bayi Anda bermain seperti permainan di atas, berikut ini adalah tips yang harus Anda perhatikan untuk bisa menjalankan permainan mudah untuk menstimulasi motorik bayi  Anda.
  • Waspada dan percaya diri. ---> Berbagai aktivitas ini ditujukan untuk bayi yang sehat dan tidak memiliki masalah atau gangguan kesehatan tertentu. Selain memperhatikan kesiapan dan kondisi anak, Anda juga harus yakin dan percaya diri.

3 bulan,  usia yang aman
Aktivitas ini secara umum paling  aman dilakukan setelah bayi di atas usia 3 bulan. Karenanya,  Anda harus benar-benar mengenal bayi Anda agar mengetahui cara yang tepat untuk menerapkan aneka aktivitas bermanfaat ini.

5  bulan
Secara umum, kaki dan tangan bayi 5 bulan sudah cukup kuat untuk berpindah tempat, dengan cara merambat, merayap atau merangkak. Leher mereka juga sudah cukup kuat menyangga kepala dengan mantap. Anda tak akan merasa ngeri untuk  melakukan eksplorasi gerak motorik pada bayi Anda.
Bagaiamana? Sekarang Anda sudah punya referensi untuk permainan bayi mudah untuk menstimulasi motorik bayi  Anda di rumah. Selamat mencoba.


0 Response to "Permainan Mudah Untuk Menstimulasi Motorik Bayi Dengan Usia 3-4 Bulan"

Post a Comment