Permainan Cerdas Untuk Bayi Usia 0-2 Tahun


Permainan bayi cerdas untuk anak usia 0 s.d 2 Tahun.

Beda usia anak tentu beda juga cara yang bisa kita pakai untuk mengasah kreativitasnya. Untuk bayi 0 s.d 2 Tahun sebaiknya ajak anak Anda untuk melakukan permainan bayi cerdas untuk merangsang sensor motoriknya.

Menurut psikolog Roslina, seperti yang dikutip health.detik, permainan yang cocok untuk mereka adalah mainan yang bisa dicium, ada aromanya, melibatkan keseimbangan, atau dengan main cilukba. Selain itu kita juga bisa  bertepuk tangan di belakang yang akan membuatnya mencari  sumber suara. 
 
permainan bayi cerdas
gambar: hdwallpapers.in

Sedangkan menurut piskolog terkenal, Tika Bisono MPsiT., Ps, permainan yang diberikan untuk anak 0-2 tahun tergantung dari motoriknya. Permainan yang dipakai untuk motorik kasar berarti ukuran yang cukup besar untuk usia mereka.

Sedangkan menurut dr Jenni K. Dahliana, SpA, dokter spesialis anak, untuk mengoptimalkan pertumbuhan sel saraf pada otak bayi, dibutuhkan 3 faktor yang saling melengkapi. Faktor-faktor itu adalah  yaitu fisik, kasih sayang dan stimulasi dini.

Kebutuhan fisik bisa dipenuhi dari asupan nutrisi yang mempengaruhi pertumbuhan sel otak. Kebutuhan kasih sayang berfungsi mempengaruhi kemandirian dan kecerdasan emosi. Sedangkan stimulasi dini bermanfaat untuk merangsang seluruh indra anak.

Stimulasi dini  pada anak bisa dilakukan dengan cara memberikan permainan bayi. Tingkatan permainan yang dapat diberikan adalah sebagai berikut:

Usia 0 - 3 bulan
Dipeluk atau digendong, menatap mata bayi, diajak senyum dan bicara atau bernyanyi, digulingkan kanan kiri saat telentang atau tengkurap dan dirangsang memegang mainan.

Usia 3 - 6 bulan
Permainan ditambah dengan permainan cilukba, permainan melihat wajah di cermin, dan dirangsang tengkurap atau telentang

Usia 6 - 9 bulan
Permainan ditambah dengan memanggil namanya, diajak salaman atau tepuk tangan, dibacakan dongeng dan dirangsang duduk serta berdiri berpegangan.

Usia 9 - 12 bulan
Permainan ditambah dengan mengulang kata mama-papa, memasukkan mainan ke dalam wadah, minum dari gelas, bermain bola dan dilatih berdiri atau jalan berpegangan.

Usia 12 - 18 bulan
Permainan ditambah dengan permainan mencorat-coret, menyusun kubus, menyebut nama atau bagian badan, bermain imajinatif dan permainan untuk melatih kemampuan motorik.

Usia 18 - 24 bulan
Permainan untuk mereka bisa  ditambah dengan menyebut benda di sekitarnya, mengajak bicara mengenai kegiatan sehari-hari, permainan menggambar garis, serta dilatih mencuci tangan dan memakai pakaian.


Permainan bayi tidak boleh digantikan fungsinya dengan TV atau video karena  stimulasi yang diberikan  kepada anak  bersifat pasif sehingga tidak merangsang minat bicara bayi. Lagipula TV dan video terkadang mengandung banyak unsur negatif seperti agresivitas, kekerasan dan penggunaan bahasa yang kurang mendidik.

Sumber: detik.com

0 Response to "Permainan Cerdas Untuk Bayi Usia 0-2 Tahun"

Post a Comment