CIRI CIRI ANAK MEMPUNYAI KECERDASAN SEJAK DINI


Banyak orang tua yang sangat menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan sejak dini. Beberapa diantaranya sampai memberikan pendidikan sejak usia tiga tahun. Sebagai orang tua pasti kita juga menginginkan anak kita mendapat pendidikan yang cukup. Akan tetapi yang perlu kita ketahui adalah bagaimana cara mendidik anak dengan benar sesuai dengan porsi usianya.

Sebelumnya pernah kita bahas bagaimana cara mendidik anak dengan benar. Kali ini saya ingin memberikan informasi mengenai cici-ciri anak yang mempunyai kecerdasan sejak usia dini. Setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan diantara yang lain. Begitu pula dengan tingkat kecerdasan seseorang,ada yang memiliki kecerdasan dari lahir ada pula yang memiliki kecerdasan karena usahnya.

Menurut beberapa pakar kejiwaan anak dan beberapa lembaga menyebutkan bahwa ciri-ciri anak mempunyai kecerdasan sejak dini yakni :

Mampu membaca dengan baik diusia dini : Kemampuan untuk belajar,memahami dengan cepat dan dengan memiliki daya ingat yang tinggi mampu untuk si anak belajar membaca dengan cepat.

Mampu bejalan dan berbicara saat anak pada usia dini : Kemampuan motorik anak untuk mengkoordinasikan gerakan tubuh,dan menjaga keseimbangan menunjukan si anak memiliki kecerdasan.

Sensitif : Baik secara fisik ataupun secara emosi saat anak dalam situasi kondisi tertentu biasanya mengalami sikap berlebihan menyikapi apa yang ia rasakan.

Selalu aktif bertanya dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi : Anak yang selalu ingin tau apa yang asing baginya dengan menunjukan sikapnya keingintahuannya adalah salah satu kelebihan bagi perkembangan si anak. Hal ini disebabkan otak akan terus berlatih berfikir dan berkembang untuk mengetauhi apa yang ia tangkap.

Suka berargumentasi dengan lawan bicaranya : Sikap anak yang seperti ini akan mengasah otak untuk menganalisa kejadian atau perkataan lawan bicara. Biasanya si anak akan mengemukakan pendapat atau gagasan yang ia pikirkan.

Energik : Anak biasanya banyak bergerak susah tidur dan tak kenal lelah saat bermain.

Berfikir kreatif : Anak yang suka berfikir kreatif biasanya suka memecahkan masalah,suka menemukan hal yang baru untuk dimainkan dengan cara yang berbeda-beda atau dengan cara yang tidak semestinya.

Senang mengamati lingkungan sekitarnya : Sikap ini menjadikan anak akan berfikir panjang sebelum dan sesudah melakukan sebuah tindakan. Untuk mempelajari berbagi hal dan menjadikan anak sebagai pengamat yang baik dan bijak.

Demikan beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri anak yang memiliki kecerdasan di usia dini,semoga artikel ini membantu ayah dan bunda dirumah untuk menentukan pendidikan yang tepat bagi anak.

0 Response to "CIRI CIRI ANAK MEMPUNYAI KECERDASAN SEJAK DINI"

Post a Comment